Cara Repair Kerusakan Windows 10 Menggunakan System Restore

Terlalu sering mengotak atik system windows memang dapat menyebabkan crash pada file di system. kai ini sya akan membagikan sebuah cara untuk repair system windows 10 menggunakan system restore. langsung saja ke topik. ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Trik mengembalikan Windows 10 seperti semula menggunakan System Restore Point

1.KetikSysdm.cpl di Start menu atau kolom pencarian atau Anda juga dapat menggunakan Run lalu tekan Enter untuk membuka System Properties.

Membuka System Properties Windows 10 Melalui Start Menu
Membuka System Properties Windows 10 Melalui Start Menu

2. Setelah jendela System Properties terbuka, pindah ke tab System Protection.

3. Di bagian Protection Settings, pastikan proteksi untuk drive sistem (partisi Windows) diaktifkan. Selanjutnya pada bagian System Restore, klik tombol dengan label System Restore untuk membuka jendela System Restore Wizard.

Tab System Protection

4. Klik tombol Next untuk melihat semua restore point yang pernah dibuat sebelumnya.

System Restore Point Wizard

Catatan: Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan system restore, Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini dengan opsi untuk membatalkan system restore. Pilih Choose a different restore point lalu klik tombol Next untuk menampilkan semua restore point yang pernah dibuat.

System Restore Point Wizard

5.Jika ada restore point yang tersembunyi, klik opsi dengan label Show more restore points untuk menampilkan semua jenis restore point yang pernah dibuat.

System Restore Point Wizard

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, restore point paling baru ditampilkan pada daftar paling atas beserta tanggal, waktu, dan keterangan.
Ada baiknya Anda melihat aplikasi apa saja yang akan dihapus jika Anda mengembalikan Windows 10 Anda menggunakan restore point. Untuk melihat aplikasi yang terkena dampak, pilih restore point yang ingin Anda gunakan lalu klik Scan for affected programs.
Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, Windows akan menampilkan semua aplikasi dan driver yang terhapus ketika Anda me-restore Windows Anda menggunakan restore point. Jika ada aplikasi yang diperbarui setelah membuat restore point, maka aplikasi tersebut akan dikembalikan ke versi sebelumnya.

System Restore Point Wizard - Aplikasi yang terkena dampak

6. Pilih restore point yang ingin Anda gunakan untuk mengembalikan Windows 10 Anda ke kondisi semula lalu klik tombol Next.

System Restore Point Wizard

7. Terakhir, klik tombol Finish untuk memulai proses restore.

System Restore Point Wizard

Bila proses restore sudah selesai PC Anda akan otomatis melakukan reboot untuk memulai proses restore. Proses ini dapat memakan waktu hingga 20 menit tergantung banyaknya aplikasi dan pengaturan yang dikembalikan.
Setelah selesai, Anda akan melihat pesan “System Restore completed successfully” pada desktop Anda. bila masih mengalami kesulitan dalam step by step di atas. silahkan tanya kesulitan anda di kolom komentar di bawah ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *