The Walking Dead Review Stories

Hai bros! Welcome Back at my blog.
Pada post ini ane akan me-review The walking Dead.
Pada Games ini ada beberapa musuh yang selalu mengganggu yaitu Zombie! (WALKERS). Game ini ga ngagetin / nakutin kok. ini adalah game survival yang dibuat khusus untuk para pencinta survival.

Tokoh utama: Lee

Sebelum kamu berpikir “Oh tidak, game zombie lagi!” saya harus bilang bahwa Walking Dead adalah game paling top markotob untuk genre Zombie. Jadi jangan urungkan niatmu terlebih dahulu. Memang tidak ada game yang sempurna dan Walking Dead juga punya beberapa kekurangan tapi game ini dibuat dengan rapih, detail dan professional sehingga menjadikan pengalaman bermain game ini sebagai salah satu game yang paling seru dan mendebarkan. So mari kita mulai petulangan kita.
Disini kita akan bermain sebagai Lee, seorang tahanan yang mengalami kecelakaan mobil. Mobilnya terbalik dan Lee harus keluar menyelamatkan dirinya, tapi setelah itu zombie mulai bermunculan dan Lee harus bertahan. Akhirnya Lee berhasil kabur ke perumahan sekitar dan bertemu seorang anak kecil bernama Clementine yang tinggal sendirian
Kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu kamu melihat cut scene yang seru dan perbincangan antara karakter kamu dengan orang-orang sekitar. Disini pemilihan respond kamu terhadap perbincangan mempunyai peran penting. Dibanyak kesempatan kamu harus memutuskan sesuatu dan ini akan menentukan jalan cerita baik di episode 1 ini atau episode mendatang. Memang ada juga keputusan yang nampaknya terlepas dari apa yang kamu pilih akan berakhir sama tapi itu bisa dibilang minor. Kebanyakan adalah keputusan yang akan membuat jalan cerita berbeda atau setidaknya membuat persepsi yang berbeda tentang karakter kamu Lee.
Keputusan yang kamu ambil akan diingat oleh karakter lainnya, misalnya jika kamu memberikan coklat kepada clementine maka akan ada muncul catatan kecil di atas layar yang mengatakan bahwa clementine menganggap bahwa kamu peduli. Hal ini akan terus dibawa sepanjang game dan episode mendatang, bukan konsep yang benar-benar baru memang tapi jarang ada game yang melakukannya. Kamu juga akan diberikan waktu terbatas setiap dalam pengambilan keputusan sehingga kamu harus berfikir cepat.
Karena ini game zombie maka ya akan ada yang mati, dan disini kamu bisa memutuskan siapa yang hidup dan yang mati. Beberapa kali dalam petualangan kamu akan dihadapkan kepada keputusan dimana kedua orang yang kamu kenal sedang bertarung nyawa dengan zombie dan kamu cuma bisa memilih satu dari kedua orang tersebut untuk diselamatkan. Saya secara pribadi memilih orang yang mempunyai potensi untuk membantu Lee di masa mendatang, ya anggap sebagai tabungan bantuan :D.
Untuk menambah keseruan game ini akan ada puzzle dan pertarungan melawan zombie (tentunya!). Tapi puzzle di game ini dibuat sangat simple dan intuitif dan tidak membutuhkan waktu berfikir berjam-jam untuk memecahkannya. Tipe puzzlenya juga bukan seperti kombinasi gembok atau kotak sirkuit yang kompleks, tapi lebih kepada event puzzle seperti bagaimana membuat zombie teralihkan perhatiannya sementara kamu berlari mengambil sesuatu di ujung jalan. Fighting dibuat sederhana pada game ini, kamu biasanya cukup tap dan swipe ke arah yang ditentukan dan itu akan membuat karakter utama kamu memukul atau menghajarnya dengan kapak. Tapi itu pun ditentukan oleh scene khusus sehingga kamu tidak bisa mememukul semua zombie yang kamu temui.
Satu hal yang perlu diingat adalah game ini sangat-sangat keras, akan ada beberapa adegan dimana kamu harus membunuh zombie dengan cara yang cukup brutal bahkan bagi saya yang bisa dibilang kebal dengan hal-hal berbau kekerasan di film. So ya kamu akan melihat muka zombie yang rusak akibat kapak kamu, leher zombie yang terpotong (ouch!) dan banyak lagi. Walking dead juga menggunakan bahasa yang sedikit kasar dengan umpatan-umpatan (kalau dunia benar-benar sudah dipenuhi zombie mungkin mengumpat adalah yang wajar :D). Semua itu menjadikan game ini tidak cocok bagi mereka yang masih kecil.
Overall game ini adalah salah satu game yang paling seru dan membuat jantung berdebar (apa lagi jika kamu menggunakan headphone), semua aspek dalam game ini dibuat dengan baik, sederhana dan berfokus terhadap story telling. Satu-satunya yang saya sayangkan adalah game ini terasa pendek untuk harga $4.99, walaupun kamu bisa mengulangnya dengan mengambil keputusan berbeda dan melihat seluruh jalan ceritanya. Dan yang membuat makin penasaran adalah kebanyakan keputusan yang kamu ambil di episode 1 baru akan terlihat efeknya episode mendatang. Bahkan ketika kamu menamatkan game ini (3-4 jam) kamu akan diberi cuplikan mengenai episode 2 yang didasarkan atas pengambilan keputusan kamu.
Jika kamu mencari sebuah game horor dengan kualitas premium baik dari sisi graphic, sound effect, cerita, dan voice actor maka berhenti mencari, Walking Dead tuh jawabannya :3