Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet – Kita harus memperhatikan kesehatan laptop kita karena komponen laptop [ terutama hardware ] tidak mudah untuk diganti, berbeda dengan PC yang bisa dengan mudah diganti komponennya. Salah satu komponen yang cukup riskan untuk rusak adalah baterai, apalagi kebanyakan laptop keluaran terbaru saat ini baterainya menyatu dengan badan laptop dan tidak bisa dilepas.

Baterai
Baterai

Mungkin Sobat belum ada yang pernah bermasalah dengan baterai laptopnya tapi alangkah baiknya kita melakukan langkah pencegahan mulai dari sekarang, karena jika baterai laptop sudah bermasalah maka akan sulit untuk membenarkannya, kali ini Kompi Tutorial akan memberikan beberapa tips yang dapat Sobat coba untuk merawat baterai laptop supaya awet dan tidak mudah rusak.

1. Usahakan Persentase Baterai Tetap Diatas 20%
Menggunakan laptop dengan kondisi baterai sudah hampir habis sangat tidak baik bagi kesehatan baterai, apalagi jika digunakan untuk melakukan pekerjaan berat seperti bermain game atau membuka software berat. Oleh karenanya, usahakan Sobat mencharge baterai ketika persentase sudah menunjukkan 20%.

2. Jangan Terus Menerus Mencharge Baterai [ Overcharge ]
Sering kali kita suka terus menerus mencharge baterai walaupun baterai di laptop kita sudah penuh, hal ini sangatlah tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan baterai menjadi tidak optimal, drop, bahkan lama kelamaan akan rusak, namun banyak laptop keluaran baru yang otomatis memutus sambungan listrik ketika baterai sudah terisi penuh, jika laptop Sobat memiliki fitur seperti itu maka hal ini tentu tidak akan menjadi masalah.

3. Lepas Baterai Saat Bermain Game / Membuka Software Berat
Ketika laptop bekerja secara maksimal, maka bateraipun akan terkuras lebih cepat dari biasanya, oleh karenanya, ketika Sobat bermain game ataupun menggunakan software berat, alangkah baiknya jika Sobat melepas baterai dari laptop dan biarkan laptop berjalan dengan menggunakan charger.

4. Gunakan Coolingpad Supaya Laptop Tidak Panas
Suhu tinggi sangat tidak baik bagi kesehatan baterai. Jika laptop terasa panas itu artinya laptop sedang bekerja secara maksimal, dan jika terus menerus dibiarkan maka laptop akan Overheat dan baterai akan meledak. Maka, gunakanlah Coolingpad agar suhu baterai tetap terjaga dan laptop tidak cepat panas.

Tips : Jika Sobat tidak mempunyai coolingpad, Sobat dapat mengakalinya dengan menaruh dua buah garpu dengan posisi terbalik sebagai dudukan laptop untuk menyerap suhu panas.

5. Gunakan Charger Bawaan
Jika Sobat sering menggunakan charger laptop lain, maka segera hentikanlah hal tersebut karena setiap laptop memiliki karateristik yang bebeda-beda. Jadi gunakanlah charger bawaan agar baterai laptop Sobat tetap awet dan tidak mudah rusak.

6. Jangan Menaruh Laptop di Sembarang Tempat
Jangan pernah menaruh laptop di tempat yang minim sirkulasi udara seperti diatas kasur atau sofa, karena akan membuat baterai cepat panas dikarenakan fan [ kipas angin dalam laptop ] tidak dapat bekerja secara optimal karena minimnya sirkulasi udara.

7. Gunakan Software Penghemat Baterai
Software penghemat baterai sangat bermanfaat untuk memonitor status baterai laptop Sobat seperti kapasitas, suhu, dan waktu charge. Hal ini tentunya dapat membantu Sobat untuk lebih mengetahui tentang baterai laptop Sobat sehingga kesehatan baterai akan lebih terjaga.

Sekian tips dan trik tentang Merawat Baterai Laptop Agar Awet, semoga dapat membantu Sobat agar lebih peduli tentang kesehatan baterai laptop dan agar baterai laptop Sobat bisa lebih awet serta tidak mudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *